Cara Melukis Kaca Jendela

Cara Melukis Kaca Jendela

Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat kerajinan lukis kaca. Pengrajin terkadang hanya menggunakan kaca lukis untuk jendela dan rumah saja. Tapi sebenarnya cara melukis kaca jendela juga bisa digunakan untuk kerajinan kaca lainnya.

Cara membuat kaca lukis dan alat dan bahan lukisan kaca (cat kaca jendela) yang akan dijelaskan dalam artikel ini bisa dipraktekkan untuk melukis pada media vas kaca, mangkok, piring kaca dan lain-lainnya. Untuk media lainnya, kami juga sudah membuatnya misalkan artikel teknik melukis tembok.

cara membuat kaca lukis

Di dunia kaca hias, kaca lukis sebagai kaca jendela atau pintu mungkin memang tidak sepopuler kaca patri. Tapi kaca lukis memiliki penggemar tersendiri karena motifnya yang beragam.

Teknik lukis kaca juga tidak terbatas hanya sebagai kaca hias, tapi bisa digunakan untuk gelas, botol, toples, mangkuk, vas, dan benda-benda kaca lainnya. Biasanya pengrajin-pengrajin Bali mahir dalam mengolah dan melukis berbagai macam media tersebut, bahkan sampai dikenal di luar negeri.

CARA MELUKIS KACA JENDELA

cara melukis kaca jendela

Walaupun cara melukis diatas kaca bisa digunakan untuk macam-macam benda kaca, tapi untuk pemula dianjurkan belajar melukis kaca menggunakan lembaran kaca yang datar terlebih dahulu.

Jika sudah mulai memahami cara membuat lukisan kaca dengan baik, barulah mencoba melukis pada permukaan yang melengkung seperti gelas. Cara melukis di kaca melengkung nantinya tidaklah jauh berbeda dengan permukaan kaca yang datar.

Tahap pertama yang dilakukan untuk kaca lukis akan sama dengan tahap awal pembuatan kaca hias jenis lainnya: Menentukan motif seperti apakah yang ingin digambar.

cara melukis kaca

Kaca lukis biasanya memiliki motif ornamen, pemandangan alam, tanaman, hewan ataupun wayang. Biasanya model-model tersebut juga yang dipakai pada kaca hias, misalnya kaca jendela motif bunga.

cara melukis diatas kaca

Jika sudah memiliki desain yang ingin dibuat, maka desain tersebut perlu dibuat gambar sketsa pada selembar kertas terlebih dahulu.

Kertas ini harus berukuran sama dengan lukisan kaca yang ingin dibuat nantinya (berskala 1:1). Jadi saat melukis di kaca nantinya kita tinggal menjiplak sketsa yang sudah ada.

Pembuatan sketsa ini bisa juga menggunakan komputer jika pengrajin mampu mengoperasikannya. Desainnya dibuat dalam program komputer, baru dicetak sesuai ukuran asli ukuran yang ingin dibuat.

TEKNIK MELUKIS KACA

Setelah desain yang diinginkan sudah ada dan kertas sketsa sudah disiapkan, selanjutnya adalah tahap penggarapan atau tahap melukis.

Pada bagian ini ada beberapa teknik lukis kaca yang akan dibahas satu per satu.

1. Menggunakan Outliner

alat dan bahan lukisan kaca
cara membuat lukisan kaca

Teknik melukis kaca yang yang pertama adalah menggunakan outliner dan cat khusus kaca.

Outliner selalu memiliki corong/mulut yang panjang, berbentuk seperti bentuk mulut lem UHU atau Castol. Mulut yang panjang tersebut berfungsi agar tempat keluarnya cat outline mudah diarahkan.

teknik melukis kaca

Proses membuat outline atau garis harus dilakukan dengan cermat. Garis outline tidak boleh terputus, karena bisa menyebabkan cat meluber keluar jika ada celah.

Setelah dipastikan outline menutup dengan baik, selanjutnya cat khusus kaca diteteskan dalam ruang di antara garis. Biasanya merk cat yang digunakan adalah Vitrail atau Idea Vetro.

Perlu dicatat bahwa cat outliner hanya bisa didapat di toko khusus cat/alat lukis dan cukup mahal harganya.

cara melukis di kaca

Teknik lukis kaca ini bisa digunakan untuk media yang berukuran besar ataupun kecil.

Kelemahan metode outliner ini adalah hanya bisa dipakai pada permukaan yang datar dan dalam posisi ditidurkan/direbahkan. Cara melukis kaca ini seperti meneteskan cat. Jika kaca tidak datar (dalam posisi miring atau berdiri) maka cat akan meluber ke mana-mana.

Cara melukis kaca ini jugalah yang biasanya digunakan oleh pengrajin Bali untuk membuat lukisan kaca yang rumit.

2. Menggunakan Kuas Lukis

teknik lukis kaca

Cara melukis di kaca yang berikutnya adalah dengan menggunakan kuas dan cat, seperti halnya melukis di kanvas. Jika tertarik menggunakan metode ini, maka cat yang disiapkan haruslah cat minyak.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak berbeda dengan melukis kanvas contohnya menyiapkan cat di palet, mencampur warna, ataupun teknik-teknik lukis lainnya.

Tidak semua pengrajin bisa menggunakan metode ini, karena biasanya harus memiliki dasar ilmu dan kemampuan melukis terlebih dahulu. Tapi jika menguasainya maka karya yang beragam pun bisa dihasilkan. Misalnya karya dengan corak Naturalisme atau Kubisme.

3. Menggunakan Airbrush

cara melukis kaca jendela

Teknik terakhir sekaligus yang paling sering digunakan sebagai cara melukis kaca jendela adalah menggunakan airbrush berisi cat warna.

Metode ini agak berbeda dengan cara melukis kaca sebelumnya, karena kertas sketsa harus ditempel hingga menutupi permukaan kaca. Kertas dipotong sedikit demi sedikit sesuai motif yang diinginkan, sambil cat warna akan disemprotkan satu per satu ke kaca.

Cara melukis kaca jendela atau benda kaca menggunakan airbrush mirip dengan teknik grafir saat membuat kaca ukir.

Jika tertarik mengetahuinya, Anda bisa membacanya di artikel kami sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Grafir Kaca.

KESIMPULAN SINGKAT

Itulah tadi beragam cara membuat kaca lukis yang biasanya dilakukan pengrajin. Ada beragam teknik lukis yang bisa dicoba, tentunya membuat hasil akhir masing-masing juga menjadi berbeda.

Jika Anda tertarik dengan kerajinan kaca, artikel kami berikutnya mungkin cocok untuk Anda. Kami akan membahas mengenai kaca masjid berkaligrafi pada artikel: CARA MEMBUAT KALIGRAFI KACA.

Pembaca juga mencari:

  • gambar di kaca

Leave a Comment