Supplier Sprei Hotel

Supplier Sprei Hotel


Pesan langsung ke supplier sprei hotel TANPA MINIMAL ORDER. Menerima distributor & agen penjualan.

KETENTUAN:

• Bisa satuan, lusinan hingga ribuan

• Harga lebih murah untuk minimal 1 lusin (12 pcs)

• Bisa request ukuran, bahan & warna

• Sistem pemesanan Pre-Order (PO)


Sprei Hotel yang Tersedia

Sprei yang baik adalah investasi yang baik. Dengan membeli sprei yang berkualitas, hotel Anda akan bisa menggunakannya sampai beberapa tahun ke depan.

Apalagi produk linen kamar hotel berpengaruh langsung kepada kualitas tidur tamu hotel Anda. Faktor yang berpengaruh pada kenyamanan tersebut adalah bahannya.

Sprei Hotel Cotton / Katun

  • supplier sprei hotel cotton katun polos

Contoh sprei katun di supplier sprei hotel

Keterangan Produk

BahanKatun
Thread Count200 TC; 300 TC
Ukuran180 x 280 cm
200 x 280 cm
220 x 280 cm
240 x 280 cm
260 x 280 cm
280 x 280 cm
300 x 280 cm
Tinggi Sprei35 cm (bisa request 40 cm atau lebih)
KelengkapanSprei saja; Sprei+sarung bantal/guling
Minimal Order1 pcs
KeteranganBisa request ukuran & warna

Informasi Bahan:

Sprei hotel cotton terbuat dari kain katun 100% tanpa campuran polyester. Sprei dengan jenis bahan ini biasanya menjadi primadona pada kategori bedroom linen karena sangat nyaman dipakai dan lembut. Sprei katun juga menjadi pilihan utama di tempat seperti rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan lainnya.

Berikut ini beberapa kelebihan dari sprei hotel katun:

  • Daya tahan tinggi. Sprei dari katun terkenal paling tahan lama dibanding bahan-bahan lainnya. Misalnya polyester yang akan mengalami penggumpalan benang (linen pills) dan lebih cepat menjadi rapuh. Ekspektasi umur sprei katun biasanya bisa bertahan beberapa tahun dalam penggunaan normal. Sprei ini juga tahan proses pencucian berulang kali, bahkan jika menggunakan air panas saat mencucinya. 
  • Perawatannya mudah. Sprei katun tidak memerlukan perawatan atau proses pencucian khusus. Cukup cuci seperti kain biasanya. Hal Ini membuat sprei katun bisa dibersihkan dengan mudah dan tidak ribet dari segi pengelolaan.
  • Lebih nyaman. Karena terbuat dari serat alami, sprei katun tidak kaku atau licin di kulit. Apalagi sprei katun malah semakin lembut dan halus seiring dengan sering dicuci dan dipakai berulang kali.
  • Terasa adem. Sprei katun memiliki daya serap yang baik sehingga bisa menjaga kelembaban tubuh orang yang memakainya. Selain itu kain katun juga mudah dilalui aliran udara dan tidak terasa panas. Dua sifat ini membuat sprei hotel jenis ini terasa adem di saat panas tapi tetap hangat jika dipakai di cuaca dingin.
  • Tidak menyebabkan alergi kulit. Jika tamu hotel Anda memiliki kulit yang sensitif, sprei adalah salah satu barang yang rawan. Sprei akan menempel langsung ke kulit selama berjam-jam sehingga mudah menyebabkan alergi. Penggunaan sprei berbahan katun bisa meminimalisir iritasi, gatal dan alergi karena katun adalah bahan alami yang ramah kulit. Ditambah lagi katun bersih memiliki daya tahan yang baik terhadap organisme seperti bakteri dan tungau.
  • Ramah lingkungan. Katun adalah serat alami yang terbuat dari tumbuhan kapas. Sifat tersebut membuatnya lebih mudah terurai dibanding serat dari bahan kimia (serat sintetis).

Tapi sebelum langsung memilih sprei hotel katun, ada beberapa kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan. Berikut ini penjelasannya:

  • Mudah kusut. Sprei katun lebih mudah kusut saat dipakai. Untuk proses pembersihannya pun katun harus disetrika supaya rapi.
  • Tekstur berbeda-beda. Karena terbuat dari serat alami, kain katun tidak bisa 100% sama dan ada sedikit perbedaan antara production batch satu dengan lainnya saat disentuh. Tapi hal ini bukanlah masalah besar karena sprei hotel cotton akan jadi lebih lembut setelah dicuci dan digunakan berulang kali.
  • Harga lebih mahal. Bukan rahasia lagi jika sprei katun 100% lebih mahal dari sprei dari bahan lainnya, misalnya polyester dan tencel. Hal ini disebabkan karena serat sintetis lebih murah pembuatannya dan bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Tapi sebaliknya, sprei hotel cotton bisa menjadi investasi yang sangat baik. Umur penggunaannya yang lama, kainnya yang adem, serta kenyamanan yang diberikan kepada tamu Anda bisa menjadi pertimbangan penting untuk memilihnya.

Anda bisa memilih jenis sprei hotel ini jika ingin memprioritaskan kenyamanan dan kualitas terbaik pada tamu hotel Anda. Namun jika aspek biaya menjadi pertimbangan, Anda bisa mengecek jenis sprei berikutnya di bawah ini.

Sprei Hotel CVC

  • supplier sprei hotel cvc

Contoh sprei CVC dari supplier sprei untuk hotel

Keterangan Produk

BahanCVC (cotton viscose)
Ukuran180 x 280 cm
200 x 280 cm
220 x 280 cm
240 x 280 cm
260 x 280 cm
280 x 280 cm
300 x 280 cm
Tinggi Sprei35 cm (bisa request 40 cm atau lebih)
KelengkapanSprei saja; Sprei+sarung bantal/guling
Minimal Order1 pcs
KeteranganBisa request ukuran & warna

Informasi Bahan:

Biasa disebut katun CVC, jenis bahan untuk sprei hotel ini merupakan katun campuran dengan serat sintetis (viscose/rayon/polyester). 

Persentase campuran biasanya berada di kisaran 40-60% katun dan sisanya serat sintetis. Misalnya 60% katun 40% polyester, 50% katun 50 polyester, dan seterusnya. Jenis bahan ini juga disebut sebagai kain panca, catra dan renette sesuai komposisi campuran tadi.

Perbedaan komposisi campuran akan berpengaruh pada kelembutan kain dan harganya. Semakin tinggi persentase katun maka semakin lembut kainnya, tapi harganya juga menjadi lebih mahal. Untuk sprei hotel biasanya menggunakan kain CVC dengan thread count 200 TC (standar kebutuhan produk linen hotel).

Berikut beberapa kelebihan sprei hotel CVC:

  • Harga terjangkau. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, serat sintetis lebih murah produksinya. Sprei dengan kain CVC memiliki campuran serat sintetis di dalamnya sehingga harganya lebih murah dibandingkan sprei katun 100%.
  • Warna lebih putih. Kandungan polyester yang cukup banyak dalam kain CVC membuat warnanya terlihat lebih solid dan lebih terang dibanding sprei hotel cotton.
  • Tetap nyaman. Walaupun harganya lebih terjangkau, kain CVC tetap nyaman. Apalagi jika dibandingkan kain dengan polyester saja. Sprei hotel CVC cukup lembut, adem dan menyerap keringat.
  • Cukup tahan lama. Sprei CVC tidak mudah berbulu/menggumpal benangnya (pilling). Warna kainnya juga tidak mudah pudar. Setelah berulang kali dicuci sprei jenis ini juga akan menjadi lebih lembut.
  • Tidak mudah kusut.
  • Perawatan mudah. Jenis kain ini akan awet asalkan tidak direndam deterjen terlalu lama, tidak disikat, dan tidak dicuci menggunakan pemutih.

Sebaliknya, ada sedikit kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Lebih kasar. CVC menggunakan katun campuran, jadi secara otomatis tidak akan selembut katun asli. Selain itu thread count biasanya lebih rendah sehingga tidak terlalu rapat jika diterawant.
  • Mudah pudar jika perawatannya salah. Misalnya Anda terlalu lama merendamnya dalam air deterjen, atau tidak sengaja memakai pemutih saat mencucinya.

Sprei hotel CVC bisa dianggap sebagai sprei yang menggabungkan antara harga terjangkau dan kenyamanan. Alternatif ini bisa jadi menarik untuk Anda yang masih menyeimbangkan budget saat ini.

Tidak hanya digunakan sebagai sprei hotel, jenis ini juga sering digunakan untuk sprei rumah sakit, asrama/kos, maupun rumahan/personal.

Sprei Hotel Dobby

  • supplier untuk sprei hotel dobby

Contoh sprei dobby untuk distributor sprei hotel kami

Keterangan Produk

BahanDobby
Ukuran180 x 280 cm
200 x 280 cm
220 x 280 cm
240 x 280 cm
260 x 280 cm
280 x 280 cm
300 x 280 cm
Tinggi Sprei35 cm (bisa request 40 cm atau lebih)
KelengkapanSprei saja; Sprei+sarung bantal/guling
Minimal Order1 pcs
KeteranganBisa request ukuran & warna

Informasi Bahan:

Selain 2 kain yang sudah kami jelaskan di atas, ada jenis kain lain yang biasa digunakan pada sprei, duvet, sarung bantal dan produk linen hotel. Salah satunya adalah kain dobby.

Sprei hotel dobby menggunakan kain yang ditenun dengan dekorasi berupa pola geometris sederhana maupun tekstur tambahan yang berulang sebagai aksennya.

Berikut ini karakteristik sprei hotel dengan kain dobby:

  • Tampilan berkelas. Kain dobby memberikan kesan stylish karena memiliki kedalaman dan tekstur tersendiri pada warnanya (tidak warna polos saja).
  • Lebih tebal. Karena bertekstur, sprei dobby secara umum memiliki kain yang lebih tebal dari kain polos.
  • Mudah diatur. Sprei dari dobby tidak mudah berkerut atau kusut. Selain itu kain ini cukup fleksibel dan bisa sedikit melar.
  • Bervariasi. Kain dobby memiliki beragam pola dan tekstur sehingga suasana kamar hotel Anda bisa divariasikan tanpa mengubah isi interiornya.

Jika Anda ingin memesan sprei hotel dobby dengan pola standar atau motif tertentu, silakan hubungi CS kami dengan klik tombol di bawah ini.

Sprei Hotel Fitted Sheet & Flat Sheet

Selain berdasarkan bahan kainnya, ada hal lain yang menentukan jenis sprei hotel. Produk linen dalam kategori ini dikelompokkan menjadi fitted sheet dan flat sheet.

Sprei Hotel FITTED Sheet

  • pabrik sprei rumah sakit fitted sheet

Contoh karet pada fitted sheet hasil produksi di pabrik sprei hotel

Sprei hotel jenis fitted sheet memiliki pojokan yang memakai karet elastis. Sprei ini bisa ditarik menutupi kasur dengan mudah. Ujungnya akan langsung menempel rapat ke kasur dan tidak gampang terlepas.

Jenis sprei ini sangat praktis untuk digunakan di ranjang hotel, penginapan, asrama, maupun untuk penggunaan sehari-hari di rumah Anda.

Ukuran yang pas adalah hal terpenting untuk fitted sheet. Jika kekecilan, sprei jenis ini hampir tidak bisa ditarik lebih lebar lagi. Sebaliknya, jika kebesaran maka sprei fitted sheet akan mudah terlepas.

Jangan lupa cek apakah ranjang Anda menggunakan pelapis tambahan karena akan berpengaruh pada ukuran yang dibutuhkan.

Jika Anda tertarik dengan sprei jenis ini, langsung saja tanyakan kepada CS kami.

Sprei Hotel FLAT Sheet

  • agen sprei rumah sakit flat sheet

Contoh flat sheet untuk agen sprei hotel

Sprei flat sheet adalah sprei biasa tanpa tambahan karet di ujung/pojoknya. Kebanyakan hotel menggunakan jenis sprei ini sehari-harinya.

Kelebihan utama flat sheet adalah mudah ditata rapi saat memasangnya.

Hanya dengan mengikuti lipatan hotel (hotel/hospital corners) dan menyelipkan sisa kain ke bawah kasur, sprei ini sudah terlihat sangat rapi. Tidak perlu lagi mengangkat kasur untuk merapikannya seperti saat memakai fitted sheet.

Ukuran sprei flat sheet tidak harus pas. Tidak ada masalah menggunakan ukuran yang sedikit lebih besar karena sprei ini mudah diatur penataannya.


Terima Distributor & Agen Sprei Hotel

  • dokumentasi tempat produksi sprei hotel
  • dokumentasi gudang pabrik sprei hotel

Kami membuka kesempatan untuk Anda yang ingin menjual produk linen hotel. Anda bisa bertanya ke CS kami tentang beragam produk kami:

  • Sprei,
  • Sarung bantal,
  • Selimut,
  • Bed cover,
  • Handuk hotel,
  • Sandal hotel,
  • Dan produk linen hotel lainnya.

Untuk menjadi agen atau distributor sprei hotel, saat ini kami melayani 2 sistem:

  • Beli stok terlebih dulu. Jadi Anda memiliki barang (ready stock) untuk dijual langsung ke pelanggan Anda.
  • Dropship. Anda sekedar melayani pelanggan dan mentransfer biayanya kepada kami. Tempat produksi kami akan mengirim produk langsung ke pelanggan menggunakan nama Anda.

Tidak ada minimal order untuk membeli di tempat kami. Anda bisa memesan 1 pcs saja, misalnya ingin membeli untuk sample dulu.

Tapi supaya mendapat untung lebih banyak sebagai agen sprei hotel, kami sarankan memesan sekaligus 1 lusin karena pemesanan minimal 12 pcs karena akan mendapat harga khusus yang lebih murah.

Pesanan akan kami proses tergantung ketersediaan stok. 

Jika barang sedang ready stock, kami akan langsung mengirimnya setelah Anda transfer biaya.

Jika barang sedang kosong, CS kami akan memberi konfirmasi sebelum Anda membeli bahwa pesanan akan masuk Pre-Order (PO). Kami akan membuat barangnya setelah Anda transfer biaya, lalu mengirimnya setelah proses produksi selesai.

Kami juga melayani pembuatan sprei custom/berdasarkan request khusus dari Anda. Misalnya sprei dengan ukuran, warna atau bahan khusus yang tidak ada di stok kami.


TESTIMONI Pelanggan Supplier Sprei Hotel

Dalam proses pengunggahan.


Cara Pemesanan Supplier Sprei Hotel

1

Konsultasikan dengan CS Kami

Klik tombol HUBUNGI di halaman ini untuk langsung menanyakan informasi ke CS seputar sprei hotel.

Kami melayani konsultasi masing-masing klien untuk memastikan Anda mendapat linen yang paling cocok dengan kebutuhan usaha Anda.

Pastikan Anda menyampaikan produk yang Anda inginkan, dana yang dimiliki dan request/permintaan khusus Anda (jika ada).

2

Melakukan Transaksi

Jika Anda jadi memesan, CS kami akan memberikan total biaya yang perlu dibayar. Kami juga akan mengkonfirmasi apakah barang sedang tersedia (ready stock) atau perlu menunggu produksi (Pre-Order/PO).

Total biaya yang perlu dibayar bisa berupa harga produk beserta ongkos kirim, ataupun tanpa ongkos kirim. Segera transfer dan konfirmasi ke CS kami supaya pesanan Anda segera diproses/masuk antrian.

Untuk pembayaran COD (Cash on Delivery), biaya produksi ditransfer di awal tapi ongkir dibayarkan saat barang sudah sampai ke tempat Anda.

3

Pemrosesan Pesanan

Setelah tim kami melakukan verifikasi atas pembayaran Anda, pesanan akan kami proses.

Jika sedang ready stock, linen akan langsung kami kirim.

Jika masuk Pre-Order, pesanan Anda akan kami masukkan ke antrian. Lama penggarapan tergantung jumlah antrian dari distributor sprei hotel kami saat itu.

Begitu produksi selesai, barang akan segera kami kirim ke tempat Anda.


Kenapa Pesan di Supplier Sprei Hotel?

Garansi

Anda tidak perlu khawatir saat pesan di tempat kami.

Jika sprei yang Anda pesan ada cacat produksi, langsung saja hubungi lagi CS kami dan beritahu kerusakannya.

Tanpa Minimal Order

Anda bisa memesan mulai dari 1 pcs saja di tempat kami.

Pemesanan di bawah 1 lusin (12 pcs) akan dikenakan harga ecer.

Harga Bersaing

Pemesanan mulai dari 12 pcs akan mendapat diskon/harga khusus yang lebih murah. Untuk pemesanan dalam jumlah besar (ratusan atau lebih) bisa dinegosiasikan lagi harganya.

Silakan tanyakan ke CS kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga terbaru.

Sprei Custom

Kami melayani request atau permintaan khusus seputar sprei Anda. Misalnya pemesanan dengan ukuran khusus/beda dari ukuran umum, memakai bahan khusus atau meminta warna lain.

Lama pengerjaan dan biaya akan bervariasi tergantung permintaan Anda dan ketersediaan bahan. Jadi pastikan Anda menyampaikan kepada CS kami di depan jika ada permintaan khusus.

Berpengalaman

Tempat jual sprei hotel kami sudah bertahun-tahun melayani berbagai hotel di Indonesia untuk macam-macam produk (sprei, sarung bantal, selimut, handuk dan kebutuhan hotel lainnya).

Lokasi di Mana Saja

Selama hotel Anda bisa dijangkau jasa pengiriman, kami akan melayani Anda. Kami menerima klien dari seluruh wilayah Indonesia.


Pertanyaan seputar Sprei Rumah Sakit

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan kepada tempat produksi kami:

Apakah bisa Pesan Satuan?

Bisa. Tapi pembelian satuan akan memakai harga ecer. Kami sarankan Anda untuk memesan setidaknya 12 pcs karena selisih harga per pcs yang cukup jauh.

Apakah Ada Garansi?

Langsung saja hubungi CS kami lagi jika ada kecacatan produksi pada produk linen kami yang sampai di tempat Anda. Kami akan segera memprosesnya.

Apakah bisa Pesan dengan Warna/Motif Tertentu?

Bisa. Kami melayani pemesanan custom atau berdasarkan permintaan khusus. Kami bisa mengubah ukuran, bahan dan warna/motif untuk menyesuaikan dengan request Anda.

Tapi untuk sprei custom, Anda perlu konfirmasi lewat CS kami terlebih dahulu.

Konfirmasi ini dilakukan supaya kami bisa mengecek apakah warna atau motif yang Anda inginkan sedang tersedia. Bahan dan warna tertentu kadang membutuhkan waktu untuk menyiapkan kainnya.

Berapa Harga Sprei Hotel?

Harga sprei dipengaruhi oleh banyak faktor seperti harga kain terbaru, ketersediaan/kelangkaan bahan, dan hal-hal lain di luar kendali tim produksi sprei hotel. Kami tidak menulis harga di halaman ini karena itu harga akan selalu berubah.

Anda bisa menanyakan harga pasti yang paling update kepada CS kami secara langsung. Saat berkonsultasi dengan CS, Anda akan berkesempatan menegosiasikan harga dan diskon.

Harga akhir dan lama produksi adalah kesepakatan antara kami sebagai produsen sprei hotel dan Anda sebagai pemesan.

Bagaimana Sistem Pemesanan di Supplier Sprei Hotel?

Kami menggunakan sistem Pre-Order atau PO. Anda memesan sprei dan mentransfer biayanya, baru kemudian kami memproduksi sprei dan mengirimnya.

Ongkos kirim bisa dibayar sekaligus di depan, atau dilunasi saat barang sampai (COD/Cash on Delivery).

Untuk jenis tertentu kami biasanya memiliki stok (ready stock). Tapi sebaiknya Anda konfirmasi lewat CS kami terlebih dulu tentang ketersediaan stok jika ingin memesan barang ready stock di supplier sprei hotel.

Berapa Lama Pengerjaan Sprei Hotel Saya?

Lama proses produksi bisa bervariasi karena berbagai hal. Misalnya antrian produksi, jumlah pesanan, jumlah pekerja di pabrik sprei hotel kami (selama masa Covid ini tidak full), dan faktor-faktor lain.

Jadi kami tidak bisa menulis “pasti jadi dalam sekian hari” di halaman ini.

Untuk lebih jelasnya tentang perkiraan lama pengerjaan sebaiknya Anda tanyakan langsung ke CS kami.

Daerah Mana saja yang Dilayani?

Kami menerima klien dan hotel dari seluruh Indonesia. Selama terjangkau oleh jasa pengiriman maka kami akan melayani Anda.

Jika diperlukan, kami sebagai supplier sprei hotel juga bisa mengirim ke luar negeri.


Informasi Tambahan dari Supplier Sprei Hotel

Produk linen hotel berperan penting dalam menciptakan kenyamanan beristirahat. Sprei sendiri memegang posisi khusus karena bersentuhan langsung dengan kulit tamu hotel Anda selama berjam-jam.
Untuk itu sebagai pabrik dan supplier sprei hotel, kami akan memberi beberapa tips tentang sprei hotel.

Seputar Thread Count untuk Sprei Hotel

Umumnya industri tekstil yang menangani produk linen menggunakan thread count untuk menentukan kualitas kain yang digunakan.

Thread count merupakan ukuran kerapatan benang dalam tiap 1 inci2 kain. Semakin tinggi angka thread count maka semakin lembut dan semakin tahan lama (lebih tahan cuci) kain tersebut. Tapi kualitas tersebut berbanding lurus dengan harganya yang semakin mahal pula.

Perbedaan Thread Count untuk Distributor Sprei Hotel

Ada berbagai standar berapa ukuran thread count yang baik, tergantung industri dan usaha Anda. Ada yang menilai kain berkualitas baik memiliki thread count minimal 180 TC. Sementara untuk rumah sakit biasanya memakai 130-140 TC.

Untuk linen hotel yang mementingkan kenyamanan pemakainya, ada beberapa tingkatan jumlah thread count:

Di bawah 150 TC: Kain seringkali kurang nyaman saat dipakai, teksturnya cenderung terasa kasar dan kualitasnya kurang baik.

Mulai dari 200 TC: Kain sudah cukup baik dipakai untuk di hotel. Harga masih cukup terjangkau, tapi sudah nyaman dan lembut untuk pelanggan saat dipakai. Bisa dipakai untuk ruangan tanpa AC karena masih cukup mengalirkan udara dan terasa adem.

Antara 250-300 TC: Kain kualitas premium untuk linen hotel. Lebih rapat dari 200 TC sehingga aliran udara lebih tertahan. Idealnya dipakai di ruangan tidur ber-AC.Lebih dari 300TC: Kebanyakan kain ini perlu diwaspadai karena ada pihak-pihak yang cenderung melebih-lebihkan angka thread count. Misalnya disebut sebagai 400 TC, 600 TC atau 750 TC. Biasanya ini hanyalah trik marketing ataupun kesalahan saat menghitung (TC dihitung per 10 cm2, padahal seharusnya per 1 inci2).

Tips Perawatan Sprei Hotel

Tidaklah sulit merawat produk linen dari supplier sprei hotel. Tapi tentunya ada tips-tips sederhana dari supplier sprei hotel yang bisa membuat linen Anda lebih awet.

1. Pilih Sprei dengan Kualitas Hotel

Keawetan sprei yang Anda miliki sebenarnya ditentukan mulai dari saat pemilihan. Sprei dengan kualitas hotel secara otomatis akan tahan lebih lama daripada sprei biasa.

Lalu seperti apa sprei kualitas hotel? Ini beberapa kriterianya:

  • Dibuat secara khusus untuk industri perhotelan.
  • Dibuat dari kain berkualitas yang terasa premium saat disentuh (lebih lembut, mulus dan kuat).
  • Lebih tebal dan berat dibanding sprei biasa.
  • Memiliki thread count yang lebih tinggi dari sprei biasa.

Jauh lebih mudah merawat sprei berkualitas yang sudah Anda punya dibandingkan sering-sering mengganti linen.

2. Ganti Sprei secara Berkala

Tidak semua hotel mengganti sprei kamar setiap hari. Terkadang ada hotel yang menggantinya setiap 3 hari sekali, atau bahkan hanya menggantinya jika tamu sudah meminta. 

Setidaknya gantilah sprei di kamar hotel setiap kali tamu sudah melakukan check out. Seberapa sering hotel mengganti sprei kamar berpengaruh pada kualitas dan level tempat tersebut:

  • Umumnya penginapan mengganti sprei dan sarung bantal setiap check out.
  • Hotel berbintang seringkali memberi pilihan khusus kepada tamu untuk penggantian sprei setiap hari atau setiap 3 hari (dengan alasan ramah lingkungan).
  • Hotel kelas menengah bisa memberi atau tidak memberi pilihan khusus kepada tamu tentang penggantian sprei.

Apapun opsi yang dilakukan di hotel Anda, sebaiknya diingat bahwa tamu atau pelanggan Anda memperhatikan hal tersebut. Sprei dan produk linen lain yang kotor adalah salah satu keluhan yang umum dari tamu.

3. Gunakan Bahan Pembersih yang Tepat

Pastikan Anda mengetahui produk pembersih mana yang perlu digunakan dan yang harus dihindari saat mencuci sprei hotel. Seringkali ini berarti menggunakan deterjen untuk kain berwarna dan menghindari produk yang mengandung pemutih kain.

Tidak hanya jenis pembersih yang harus Anda perhatikan, tapi juga jumlah yang digunakan. Bagaimana cara menentukannya? Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhinya:

  • Jumlah cucian,
  • Seberapa kotor produk linen yang dicuci,
  • Apakah air yang dipakai mencuci banyak mengandung mineral,
  • Kualitas deterjen yang dipakai.

Poin terakhir di atas sangat berpengaruh pada proses pencucian. Seperti apa bahan pembersih yang baik? Kriterianya sebagai berikut ini:

  • Bisa mengangkat noda membandel secara efisien,
  • Bisa membersihkan dan mengharumkan sprei,
  • Bisa menjaga sprei yang dicuci tetap putih,
  • Bisa melindungi sprei warna agar tidak pudar,
  • Bisa digunakan pada suhu berapapun.

4. Mencuci, Mengeringkan dan Menyimpan dengan Baik

Kami sudah menulis lebih lanjut tentang langkah ini di bagian berikutnya.

5. Menyiapkan Stok Linen yang Cukup

Ahli perhotelan menyarankan untuk menyediakan 3 set produk linen per kamar yang siap pakai setiap saat.

Keberadaan stok linen ini akan melindungi sprei hotel Anda agar tidak cepat rusak dari pemakaian berlebih, mempermudah staf Anda mengatur linen, dan memastikan kamar hotel selalu siap dipakai setiap saat.

6. Pastikan Staf Hotel Anda sudah Dilatih dengan Baik

Staf housekeeping Anda adalah aset paling berharga untuk merawat produk linen hotel. Pastikan mereka sudah terlatih dengan dengan baik dalam semua tahap pengelolaan linen.

Semua detail perlu dikuasai misalnya memakai sarung tangan setiap kali mengganti sprei yang dikotori cairan tubuh, tidak memasukkan laundry melebihi kapasitas mesin, bisa menggunakan setting yang tepat untuk mesin pembersih, dan lain sebagainya.

7. Memakai Jasa Profesional

Bekerja sama dengan perusahaan laundry swasta bisa jadi merupakan langkah terbaik untuk hotel Anda di titik tertentu.

Jasa laundry swasta biasanya menggunakan bahan pembersih dan mesin yang paling cocok dengan produk linen Anda, memiliki prosedur yang tertata dan tenaga kerja yang dilatih secara profesional untuk membersihkan linen.

8. Ketahui Kapan Saatnya Membeli Sprei Baru

Mau diterima atau tidak, pada akhirnya semua produk linen akan rusak. Ketika sudah saatnya, Anda perlu secara segera memutuskan untuk membeli sprei hotel baru agar produk linen yang dipakai hotel Anda tetap terlihat bagus dan terasa nyaman.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian apakah sprei hotel Anda sudah perlu diganti:

  • Cek masa pembelian linen Anda secara berkala. Masing-masing bahan kain memiliki umur pemakaian ideal. Serat alami (katun, sutra, linen) cenderung tahan lebih lama dari serat sintetis.
  • Pastikan staf Anda selalu mengecek produk linen yang akan dicuci. Warna yang pudar, benang-benang yang longgar, dan penggumpalan benang (pilling) adalah beberapa ciri sprei yang perlu segera diganti.
  • Cek bagaimana pemakaian sprei hotel Anda. Beberapa faktor seperti seberapa sering pencucian, seberapa kotor biasanya sprei, dan hal-hal lain bisa menurunkan umur sprei Anda secara signifikan.
  • Cek apakah ada noda yang membandel. Jangan sampai tamu Anda harus tidur dengan sprei yang tidak bersih. Jika ada sprei dengan noda yang tidak bisa dibersihkan, sudah waktunya Anda mengganti sprei tersebut.

Tips Mencuci Sprei Hotel

Sebagai tempat usaha yang menggunakan produk linen secara rutin, hotel tentunya memiliki prosedur tersendiri dalam hal membersihkan sprei. Berikut ini tips seputar langkah-langkah pencucian produk linen dari supplier sprei hotel:

1. Pengecekan & Pemilahan

Langkah pertama dalam proses pembersihan linen dimulai dari pengecekan barang yang perlu dicuci. Perlu diingat selama proses ini, sprei hotel setidaknya dicek 3 kali sebelum tahap pengeringan:

  • Pertama kali saat sprei dilepas dari kasur,
  • Kedua sebelum sprei dicuci dalam mesin cuci,
  • Ketiga setelah sprei dikeluarkan dari mesin cuci.

Sebelum memulai proses pencucian, sprei dan produk linen perlu dipilah-pilah. Pisahkan linen berdasarkan:

  • Kotoran. Sprei yang kotor dipisahkan untuk nantinya dicuci secara terpisah dengan mode yang lebih kuat di mesin cuci.
  • Warna. Sprei dengan warna gelap bisa menyebabkan luntur jika digabung saat pencucian. Jadi pisahkan sprei warna gelap dari sprei putih/warna terang.
  • Jenis kain. Sprei dari bahan yang halus (misalnya sutra) perlu dipisahkan dari sprei yang lebih tahan cuci (seperti katun dan polyester).
  • Berat. Produk bedding yang berat seperti selimut tebal sebaiknya dicuci terpisah dari linen ringan seperti sprei.
  • Jenis produk. Produk bedding (sprei, sarung bantal, dan lainnya) dan pakaian (seragam staf dan pakaian lainnya) perlu dipisah karena resleting dan kait bisa merusak kain bedding jika tidak hati-hati.

Berkebalikan dengan kategori-kategori di atas, produk linen dengan ukuran berbeda sebaiknya dicuci bersamaan supaya proses pencucian lebih baik. Misalnya sprei dicuci bersama dengan sarung bantal.

2. Pencucian

Sebelum proses pencucian dimulai, terlebih dahulu perhatikan bahan-bahan yang akan dipakai membersihkan.

Tentang Deterjen untuk Sprei Hotel

Gunakan deterjen yang bersifat lembut dan tanpa tambahan pemutih. Pastikan juga deterjen yang dipakai tidak memiliki kandungan klorin atau peroksida. Klorin akan melemahkan benang dari sprei Anda, bahkan bisa mengubah warnanya.

Hindari juga menggunakan pelembut kain, terutama pada sprei Anda yang premium. Bahan tersebut lama-kelamaan bisa merusak serat. Linen yang berkualitas tinggi akan melembut seiring waktu, tanpa perlu ditambahkan pelembut kain.

Jika perlu menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda atau memutihkan sprei, pastikan untuk menggunakan produk berbasis oksigen.

Sebelum pencucian dimulai, tambahkan deterjen terlebih dulu ke dalam mesin cuci. Jangan menambahkan bubuk deterjen langsung ke linen.

Setelah deterjen dimasukkan dan tabung cuci terisi air, barulah masukkan linen hotel Anda. Produk linen yang halus hanya membutuhkan setengah dari jumlah deterjen yang biasanya dipakai. Jika sprei benar-benar kotor, baru tambahkan deterjen seperlunya.

Tentang Air Cuci untuk Sprei Hotel

Setelah deterjen, air memegang peranan penting dalam membersihkan sprei hotel dengan baik. Pemilihan suhu air yang tepat bisa membantu untuk:

  • Mendapat hasil yang benar-benar bersih,
  • Menjaga warna sprei agar tidak luntur,
  • Menghilangkan noda dan bau yang menempel.

Sebagian orang menyarankan hanya menggunakan air dingin, tapi hal ini sebenarnya tidak selalu tepat. Berikut ini penjelasan tentang suhu air dan manfaatnya dalam mencuci:

SuhuJenis KainKeterangan
Air dingin– Sprei berwarna gelap
– Sprei berwarna terang yang bisa pudar atau luntur
– Sprei yang bisa mengkerut
– Sprei yang sedikit kotor
Lembut untuk kain dan menghemat tenaga pencucian.
Air hangat– Sprei sintetis
– Kain dengan permanent press
Untuk menjaga warna; Tidak menyebabkan mengkerut atau pudarnya warna.
Air panas– Sprei putih
– Sprei katun
– Sprei yang sangat kotor
Bisa membersihkan dengan sangat baik dan menghilangkan noda berat.

Sebagai pedoman, sprei hotel Anda paling baik dicuci memakai suhu tertinggi yang tertera di labelnya. Air panas dapat membunuh bakteri dan menghilangkan tungau dengan baik.

Tentang Wash Cycle

Wash cycle atau mode pencucian di mesin cuci adalah elemen terakhir dalam proses ini.

Umumnya label pada sprei memuat mode mana yang tepat, jadi pastikan mengecek label tersebut.

Setelah produk linen hotel Anda dipisahkan berdasarkan warna dan jenis kain, pencucian akan lebih mudah.

Khusus untuk mencuci linen yang halus, gunakan Delicate Mode (atau putaran paling kecil) dan maksimal air hangat. Hindari mencuci linen premium tersebut memakai Regular Mode maupun air panas.

Informasi lebih jauh lagi bisa dicek di tabel berikut:

Mode / CycleJenis KainKeterangan
Normal / Regular ModeSprei putih dan sprei yang sangat kotorGunakan wash cycle yang cepat dan spin yang cepat
Delicate ModeSprei yang kainnya halus (misalnya sutra) atau memiliki label “gentle washGunakan wash cycle yang lambat dan spin yang lambat
Permanent Press ModeSprei sintetik (misalnya rayon dan polyester)Gunakan wash cycle yang cepat dan spin yang lambat

Sebaiknya diingat juga saat memasukkan linen ke dalam mesin cuci, hindari mengisi sampai terlalu penuh. Kebiasaan ini akan menyebabkan serat kain lebih cepat rusak karena gesekan berlebihan.

3. Pengeringan

Setelah sprei dicuci bersih, langkah selanjutnya adalah proses pengeringan. Segera keluarkan sprei dan produk linen dari mesin cuci untuk menghindari bau apek. Cek label yang tertera jika memerlukan panduan dalam mengeringkan.

Sebisa mungkin jemurlah sprei sampai kering di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung. Sinar matahari bermanfaat sebagai disinfektan alami yang juga membantu sprei putih tetap terjaga warna putihnya. Untuk produk linen dengan motif dan warna, jemur terbalik (sisi yang berwarna di bawah) agar tidak segera pudar.

Jika tidak bisa menjemur di luar ruang, menjemur di ruangan tanpa sinar matahari (air drying) juga bisa dilakukan.

Mengeringkan dengan mesin pengering (dryer) seringkali tidak disarankan. Pengering yang panas dapat merusak serat pada sprei Anda dan membuatnya mengkerut. Sprei yang tidak pas ukurannya dengan kasur Anda bisa menyebabkan terjadinya sobek, lubang atau melar. Jika terpaksa memakai dryer, gunakan hanya setting terendah.

Sebelum memasukkan produk linen ke dalam dryer, kibaskan linen dan ratakan sebisa mungkin agar tidak ada kerutan setelah pencucian.

Hindari mengisi dryer terlalu penuh karena malah akan menyebabkan kain kering secara tidak merata. Setelah mesin pengering berhenti, segera keluarkan sprei walaupun masih sedikit terasa lembab. Ratakan sprei dan jemur secara air drying hingga kering sepenuhnya.

4. Penyetrikaan

Walaupun sudah kering, sprei yang berkerut tentunya tidak indah dipandang dan tidak nyaman untuk beristirahat.

Penyetrikaan adalah cara paling umum untuk menghilangkan kerutan pada sprei hotel. Proses setrika juga membantu dalam menghilangkan bakteri dan tungau yang masih tersisa setelah pencucian.

Gunakan pengaturan suhu yang tepat pada setrika Anda sesuai jenis kain untuk menghindari sprei segera rusak. Jika ada kerutan pada sprei, tekan ringan saat menyetrika dan lipat dengan rapi.

5. Penyetrikaan

Setelah sprei dibersihkan dan dilipat maka simpan di tempat yang kering, sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Sprei yang sudah disetrika hingga rapi akan memudahkan proses penyimpanan karena tidak memakan banyak tempat.

Sebisa mungkin simpan produk bedding yang bermotif serupa ke dalam 1 set yang sama. Hal ini akan memudahkan staf dalam mencarinya saat akan dipakai.

Hindari menyimpan sprei dalam kontainer plastik karena akan menyebabkan timbulnya bercak jamur. Jika memungkinkan, diamkan sprei setidaknya selama 24 jam terlebih dahulu sebelum digunakan.

6. Tips Tambahan

  • Produk linen yang bersentuhan langsung dengan kulit (misalnya sprei, sarung bantal, bed cover, dan lain-lain) sebaiknya dicuci seminggu sekali, atau setidaknya 2 minggu sekali. Jika tidak sempat, bersihkan sprei dengan alat vakum (vacuum cleaner) setiap 3 hari sekali.
  • Untuk produk lain yang tidak bersentuhan langsung dengan kulit bisa dicuci 1 bulan sekali.
  • Usahakan mencuci produk linen dengan motif serupa, misalnya sprei dan sarung bantal, secara bersamaan untuk mempertahankan warna dan kecerahan yang seragam.
  • Jika ada produk linen Anda yang diberi bordir, pisahkan saat mencuci karena jenis produk ini lebih rapuh dari linen lainnya. Agar benang bordir tidak segera luntur warnanya bisa ditambahkan sedikit garam ketika pencucian.

DAFTAR ISI