Variasi Kaca Jendela (Macam-macam Model, Bentuk & Bahan)

Variasi Kaca Jendela (Macam-macam Model, Bentuk & Bahan)

Jika Anda sedang membangun atau merenovasi rumah dan ingin mendapatkan hasil yang berbeda, membuat variasi kaca jendela bisa menjadi salah satu alternatifnya. Kaca hias jendela saat ini tersedia dalam berbagai model dan motif.

Perbedaan bentuk atau desain kaca jendela bisa membuat rumah Anda menampakkan kesan yang berbeda.

Contohnya model kaca patri untuk jendela biasanya membuat ruangan terkesan megah, sementara kaca hias minimalis pada jendela akan membuat ruangan terlihat modern dan bersih.

Di artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa variasi kaca jendela yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah Anda.

VARIASI KACA JENDELA DARI BINGKAI & BENTUKNYA

Cara paling mudah mendapatkan kesan berbeda dari variasi kaca jendela adalah dengan mengubah bingkai yang digunakan.

Penggunaan bingkai-bingkai khusus akan menampilkan suasana yang berbeda-beda, tergantung jenis bingkai dan bahannya.

1. Menggunakan Bingkai dari Logam

variasi kaca jendela teralis atau grid

Bingkai logam atau teralis bisa dipasang pada bagian luar jendela, bagian dalam, maupun pada bingkai jendelanya sendiri. Pada gambar di atas, terlihat teralis dipasang pada bagian luar.

Jenis bingkai jendela ini biasanya sering terlihat pada rumah-rumah dengan arsitektur klasik. Tapi akhir-akhir ini bingkai logam juga sudah sering digunakan pada rumah berarsitektur modern. Biasanya hal ini dilakukan dengan menyederhanakan desain teralisnya.

2. Menggunakan Bingkai Penutup dari Kayu

variasi kaca jendela kayu

Selain bingkai logam, jendela dengan penutup dari kayu juga bisa Anda gunakan. Bingkai jendela jenis ini biasa terlihat pada villa, rumah-rumah di pedesaan ataupun rumah dengan arsitektur kolonial Belanda.

Bingkai penutup jendela dari kayu ini sangat cocok jika Anda ingin menampakkan kesan sederhana dan natural. Perpaduan bingkai jendela ini dengan adanya taman berisi pepohonan akan sangat menampakkan kesan asri di rumah.

3. Menggunakan bingkai folding screen

variasi kaca jendela lipat folding screen

Bingkai yang satu ini masih cukup jarang di Indonesia, tapi sudah populer digunakan pada rumah-rumah di Amerika.

Dengan menggunakan bingkai ini, jendela bisa dibuka dengan cara menggeser/melipatnya ke samping. Sama seperti saat Anda membuka pintu garasi lipat.

Bingkai folding screen sangat cocok untuk menampakkan kesan modern di rumah. Tidak hanya simpel, bingkai ini akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas.

Jika Anda menggunakannya pada dinding kaca seperti pada gambar di atas, jendela juga akan memiliki fungsi ganda sebagai jalan/pintu menuju ke taman.

4. Menggunakan Bingkai Modular

kaca jendela modular

Bingkai modular adalah bingkai jendela yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Ketika dipakai, jendela satu dengan lainnya akan nampak seragam karena sama persis ukuran dan bentuknya.

Jendela yang menggunakan bingkai modular akan menunjukkan kesan rapi dan bersih karena seragam. Penggunaan jenis jendela ini cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet tapi menyukai tampilan yang simpel dan teratur.

5. Menggunakan Bingkai Lengkung

variasi kaca jendela melengkung

Tidak hanya bingkai, jendela pun bisa dimodifikasi bentuknya untuk mempercantik rumah Anda. Salah satu yang sering digunakan adalah bentuk lengkung seperti pada gambar di atas.

Jenis jendela ini akan sangat cocok untuk Anda yang suka kesan modern.

Tapi karena bentuknya yang tidak biasa, Anda perlu memesan secara khusus jendela ini terlebih dahulu. Jadi pastikan kontraktor Anda sudah mengukur jendela yang dibuat dengan tepat

VARIASI KACA JENDELA DARI JENIS KACANYA

Jika tidak suka mengubah bentuk atau bingkai jendela, ada cara lain untuk membuat variasi kaca jendela di rumah Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti lembaran kacanya.

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa memperindah ruangan Anda.

1. Menggunakan Kaca Jendela Polos & Kaca Tempered

kaca jendela polos tempered glass

Kaca polos adalah jenis kaca yang menjadi standar kaca jendela. Jika Anda tidak memberikan permintaan khusus pada kontraktor, jendela Anda pasti menggunakan kaca jenis ini.

Ingin rumah Anda tampil beda tapi kacanya tetap polos? Anda bisa menggunakan kaca tempered untuk membuat dinding kaca seperti gambar di atas.

Kaca ini adalah jenis kaca khusus yang kekuatannya lebih tinggi dari kaca biasa sehingga sangat tahan terhadap benturan.

Dengan menggunakan kaca tempered untuk membuat dinding kaca, ruangan Anda akan terlihat jauh lebih luas daripada sebelumnya.

2. Menggunakan Kaca Warna

kaca jendela warna film

Jika bosan dengan kaca polos yang biasa saja, Anda bisa menggunakan kaca warna. Jenis kaca ini hadir dalam berbagai warna, jadi Anda dapat memilih ingin menghadirkan ruangan Anda menggunakan warna apa.

Kaca warna biasanya dibuat dari kaca polos yang dicampur dengan unsur logam untuk memberi warna. Tapi sekarang sudah ada alternatif yang lebih sederhana yaitu menggunakan film/lembaran warna.

Film warna akan ditempelkan di atas permukaan kaca polos untuk memberi warna. Karena tinggal ditempelkan, Anda bisa memesan secara khusus sehingga filmnya bisa membentuk berbagai macam gambar/pola seperti di atas.

Penambahan warna pada kaca jendela Anda memiliki manfaat ganda. Tidak hanya memberi suasana yang berbeda pada ruangan Anda, tapi juga bisa membuatnya lebih adem.

Ruangan yang diberi kaca warna biasanya tidak terasa panas karena jenis kaca ini memiliki kemampuan memantulkan panas lebih baik dari kaca polos biasa. Semakin gelap warnanya, akan semakin sejuk ruangan Anda.

3. Menggunakan Kaca Jendela dari Frosted Glass

kaca jendela es frosted glass

Ciri utama frosted glass atau kaca es biasanya memiliki permukaan buram dan tidak tembus pandang.

Sifat tersebut didapat dari proses menggores permukaan kaca. Karena itulah ada juga sebagian jenis frosted glass yang memiliki permukaan bertekstur kasar.

Saat digunakan sebagai kaca jendela, jenis kaca ini memiliki keunikan tersendiri.

Tekstur kaca es membuat cahaya akan terpencar sehingga cahaya yang masuk bersifat soft light atau cahaya lembut. Para arsitek biasanya memanfaatkan sifat ini untuk membuat ruangan terlihat cantik, bersih dan lembut di mata.

4. Menggunakan Kaca Hias (Kaca Patri, Kaca Grafir atau Kaca Lukis)

kaca hias jendela

Variasi kaca jendela rumah lainnya yang cukup unik adalah kaca hias. Ada beragam jenis kaca hias yang bisa Anda gunakan, contohnya kaca inlay, kaca patri, kaca grafir dan kaca lukis.

Walaupun semua jenis tersebut digolongkan sebagai kaca jendela bermotif, sebenarnya cara membuatnya kaca-kaca hias tersebut sangatlah berbeda.

Jendela kaca patri dibuat dengan menyusun potongan kaca di dalam rangka logam, sementara kaca inlay merekatkan potongan kaca dengan lem khusus.

Jika Anda tertarik dengan variasi kaca jendela yang satu ini, perbedaan cara membuat tersebut perlu diketahui. Ada beberapa menfaat dengan mengetahui perbedaannya.

Salah satu manfaatnya adalah perbedaan cara pembuatan tersebut karena berpengaruh pada harga kaca motif yang ingin Anda pesan.

Selain itu, motif kaca jendela rumah yang bisa Anda pesan tentunya berbeda. Kaca inlay biasanya menggunakan motif-motif minimalis dan geometris, kaca lukis lebih sering menggunakan motif hewan dan tumbuhan, sementara kaca patri memiliki motif yang beragam.

Anda lebih baik bertanya kepada pengrajin kaca hias tentang perbedaan jenis-jenis kaca hias, atau bisa sedikit membacanya melalui artikel di website kami: CARA MEMBUAT KACA HIAS.

KESIMPULAN SINGKAT

Itulah tadi beberapa variasi kaca jendela yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda. Tidak hanya mempercantik, tapi variasi kaca jendela rumah yang tepat juga bisa memberi manfaat tambahan seperti menyejukkan ruangan Anda.

Tidak hanya variasi pada bingkai dan jenis kaca, jendela Anda juga bisa tampil beda dengan model yang unik. Di artikel berikutnya, kami akan menulis tentang MODEL JENDELA RUMAH TERBARU.

Leave a Comment