Pengetahuan Gizi

Expired Date, Best Before, Use by Date,
Bedanya Apa?

Ketika membeli sebuah produk makanan kemasan, hendaknya kita melihat tanggal kadaluarsa.
Biasanya dalam kemasan akan tertera salah satu dari expired date, best before ataupun use by date. Sebenarnya apa sih bedanya?

Gizigo akan membahas mengenai istilah-istilah tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan. Yuk simak penjelasannya!

Kontributor

Kenny Putri Kinasih

Kenny adalah intern Gizigo 2021 dari Jurusan Gizi Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.
 
Kenny bisa dihubungi di sini.
 

Segala jenis makanan memiliki masa tenggang untuk layak dikonsumsi. Begitu Pula makanan kemasan. Makanan kemasan dapat busuk meskipun telah dikemas sedemikian rupa.

 

Oleh karena itu, kita perlu memahami seperti apa makanan kadaluarsa dan tanggal kadaluarsa pada makanan dan minuman.

BAGIAN 1

Tentang Kadaluarsa

Apa Pengertian Makanan Kadaluarsa?

Makanan kadaluarsa adalah produk yang tidak boleh dikonsumsi lagi menurut ketentuan waktu yang telah ditetapkan. Penetapan waktu tersebut biasanya disebut sebagai tanggal kadaluarsa. Makanan kadaluarsa biasanya mengalami perubahan warna, bau, rasa, tekstur, maupun kekentalannya 2.

Hal yang sama juga berlaku pada minuman kadaluarsa.

Untuk mengetahui kapan produk makanan dan minuman akan kadaluarsa, umumnya kita mengecek tanggal kadaluarsa. Nah, ada 3 jenis yang biasa dipakai yaitu expired date, best before, dan use by date.

Yuk kita simak penjelasannya satu per satu!

BAGIAN 2

Seputar Expired Date

Pengertian Expired Date

Expired date atau tanggal kadaluarsa adalah lamanya waktu makanan dalam kondisi baik-baik saja, sebelum makanan tersebut kemudian mulai membusuk, tidak bergizi, ataupun tidak aman untuk dikonsumsi 2.

Expired date biasanya digunakan dalam makanan kemasan yang memiliki ketahanan dalam jangka waktu tertentu. Sementara di negara lain, khususnya Eropa, tanggal kadaluarsa atau expiry date digunakan untuk menunjukkan umur simpan makanan dalam dua kategori, yaitu best before dan use by date 3.

Cara Membaca Expired Date

Sebagai contoh, kamu memiliki mie instan dengan expired date 30 Maret 2020.

Maka setelah tanggal 30 Maret 2020 mie instan tersebut sudah melewati tanggal kadaluarsa dan tidak aman untuk dikonsumsi.

BAGIAN 3

Seputar Best Before

Pengertian Best Before Date

Best before date adalah tanggal dimana makanan memiliki ketahanan minimal (best before atau baik sebelum) untuk mempertahankan sifat spesifiknya ketika disimpan dengan benar 3.

Best before lebih dikaitkan dengan kualitas makanan seperti flavor, tekstur, aroma, dan penampakan.

Penanggalan ini biasanya digunakan oleh pabrik sebagai indikasi kualitas makanan apabila disimpan dalam tempat yang tepat, seperti freezer, lemari pendingin, tempat yang kering, bebas cahaya dan sebagainya 4.

Makanan yang menggunakan penanggalan best before diantaranya adalah makanan beku atau frozen food, makanan kering seperti pasta atau beras, dan makanan kaleng 3.

Produsen makanan mengestimasikan bahwa makanan yang sudah melewati tanggal best before diharapkan masih dapat dikonsumsi. Namun makanan tersebut tentunya sudah tidak dalam kondisi terbaiknya, baik dari sisi sensori maupun kualitas 4.

Cara Membaca Best Before Date

Sebagai contoh, kamu memiliki nugget dengan tanggal best before 30 Maret 2021.

Maka pada tanggal 31 Maret 2021, kamu masih bisa mengonsumsi nugget tersebut. Akan tetapi kualitas sensori seperti flavour, tekstur dan aromanya mungkin tidak sebaik sebelum tanggal best before-nya (30 Maret 2021).

Sebelum mengonsumsi makanan yang melewati tanggal best before, kita harus mengamati kondisi makanannya terlebih dahulu ya. Pasalnya dalam makanan tersebut bisa tumbuh jamur ataupun perubahan-perubahan fisik lainnya.

Apabila perubahan pada makanan terlalu mencolok dan membuat kita menjadi tidak yakin untuk memakanannya, maka sebaiknya makanan tersebut tidak dikonsumsi.

Penilaian makanan yang sudah melewati tanggal best before memerlukan pemahaman mengenai kualitas makanan yang dapat dilakukan melalui mencium, mencicipi, dan menyentuh untuk mengetahui tekstur makanan 3.

BAGIAN 4

Seputar Use by Date

Pengertian Use by Date

Use by date merupakan sistem penanggalan yang dilihat dari sudut pandang kemunculan mikrobiologi seperti bakteri dan jamur pada makanan 4.

Penanggalan use by digunakan untuk bahan makanan yang mudah busuk (perishable foods) seperti ikan segar, daging, dan produk susu (dairy product). Use by date juga dapat diartikan sebagai tanggal maksimal suatu produk dapat dikonsumsi secara aman 3.

Saat makanan disimpan akan terjadi peningkatan bakteri, kapang, dan jamur. Akibatnya adalah kerusakan makanan (busuk), atau bahkan munculnya racun pada makanan.

Oleh karena itu makanan yang sudah melewati tanggal use by tidak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan infeksi dan keracunan makanan yang membahayakan kesehatan 4.

Cara Membaca Use by Date

Sebagai contoh, kamu ingin membeli ikan fillet di supermarket.

Pada produk dituliskan use by date 30 Maret 2021. Alangkah baiknya kamu menggunakan produk tersebut maksimal tanggal 30 Maret 2021. Sebab, pada tanggal 30 Maret 2021 bisa jadi bakteri patogen atau bakteri berbahaya yang ada dalam ikan sudah meningkat.

 

Produk yang menggunakan use by date harus segera diolah menjadi makanan matang.

Selain mempertimbangkan label kadaluarsa, kita juga perlu mempertimbangkan cara penyimpanannya. Makanan tertentu akan bertahan lebih lama dalam kulkas dibandingkan dengan ruangan terbuka. Misalnya pada susu UHT.

Pada kemasan susu UHT biasanya tertera anjuran untuk segera mengonsumsi susu setelah kemasan dibuka. Disamping itu, kita juga dapat mengonsumsi susu UHT dalam jangka waktu yang lebih lama apabila disimpan di kulkas.

BAGIAN 5

Perbedaan

Perbedaan Use by Date dengan Expired Date

Secara garis besar makna dari Use by Date dan Expired Date hampir sama. Keduanya menunjukkan batas maksimal makanan boleh dikonsumsi. Perbedaanya terletak pada jenis bahan makanannya.

Use by Date kebanyakan digunakan pada makanan yang umur simpannya lebih singkat seperti daging, ikan, dan sebagainya. Sementara Expired Date banyak digunakan pada makanan kemasan seperti mie instan atau makanan kalengan yang memunyai umur simpan lebih lama.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk penggunaan Use by Date pada bahan makanan yang memiliki umur simpan lebih lama ataupun sebaliknya. Sebab penggunaan label umur simpan bergantung pada produsen produk makanan dan peraturan dari setiap negara 1.

Pelabelan Use by Date dan Expired Date lebih ditonjolkan pada sisi keamanan makanan. Oleh karena itu, makanan yang sudah melewati tanggal tersebut tidak boleh dimakan.

Hal tersebut disebabkan oleh kemungkinan adanya peningkatan bakteri patogen, jamur, kapang, dan senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh. Ibaratnya, pengawet pada produk expired date sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga banyak mikroorganisme berbahaya yang muncul 4.

Perbedaan Best Before dengan Expired Date/Use by Date

Dibanding 2 tanggal kadaluarsa lainnya, pelabelan Best Before menonjolkan dari sisi kualitas makanan.

Meskipun tanggal best before sudah terlewat, makanan mungkin masih dapat dikonsumsi. Sebab pada makanan hanya terjadi penurunan kualitas saja dan makanan masih aman dikonsumsi 4.

Bahkan perundang-undangan di Eropa tidak melarang penjualan makanan yang telah melalui tanggal best before. Tentunya peraturan ini berbeda di setiap negara dan bergantung pula pada jenis produknya 3.

Walaupun makanan yang sudah melewati tanggal best before aman untuk dikonsumsi, kita juga perlu waspada. Pasalnya setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Bisa jadi seseorang mengalami diare setelah mengonsumsi makanan yang melewati batas best before, sementara yang lain tidak. Oleh karena itu lebih baik mengonsumsi makanan sesuai dengan ketentuannya masing-masing.

Referensi
  1. Alongi, M., Sillani, S., Lagazio, C., & Manzocco, L. (2019). Effect of expiry date communication on acceptability and waste of fresh-cut lettuce during storage at different temperatures. Food Research International, 116, 1121-1125.
  2. Arini, L. D. D. (2017). Faktor-faktor penyebab dan karakteristik makanan kadaluarsa yang berdampak buruk pada kesehatan masyarakat. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi dan Industri Pangan UNISRI), 2(1).
  3. Secondi, L. (2019). Expiry Dates, Consumer Behavior, and Food Waste: How Would Italian Consumers React If There Were No Longer “Best Before” Labels?. Sustainability, 11(23), 6821.
  4. Van Boxstael, S., Devlieghere, F., Berkvens, D., Vermeulen, A., & Uyttendaele, M. (2014). Understanding and attitude regarding the shelf life labels and dates on pre-packed food products by Belgian consumers. Food Control, 37, 85-92.